Kamis, 03 Januari 2013

Teknik Budidaya Bebek Peking

bebek peking,ternak bebek peking,harga bebek pekingPeluang bisnis bebek peking mulai banyak dilirik orang sebagai alternatif pemenuhan permintaan dagng unggas dipasar.Masa panen yang relatif cepat membuat budidaya bebek peking menjadi incaran banyak peternak.Dilain sisi pasokan bebek peking masih dikuasai oleh pemilik modal besar.Sesungguhnya bisnis budidaya bebek peking ini bisa dilakukan oleh kelompok usaha kecil maupun usaha perorangan dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan.Yang terpenting adalah mengetahui pola budidaya bebek peking.

Budidaya bebek peking apat dilakukan dalam beberapa model pemeliharaan.Model pemeliharaan bebek peking lazim dilakukan antara lain dengan sistem ekstensif,semi insentif dan pemeliharaan insentif.

Pertama budidaya bebek peking dengan cara pemeliharaan eksentif merupakan cara tradisional dimana bebek peking dipelihara dengan cara digembalakan tanpa memperhatikan kandang maupun makanan,karena ternak ternak tersebut dilepas ditempat-tempat yang mempunyai sumber pakan alami misalnya didaerah-daerah persawahan yang baru panen.

Kedua pemeliharaan dengan sistem semi insentif dimana ternak-ternak bebek peking yang  dipelihara sudah memperhatikan kandang ternak dan diberi makan tetapi sewaktu-waktu ada peluang pada saat panen padi ataupun pada tempat-tempat yang mempunyai potensi sumber daya pakan yang alami.

Ketiga pemeliharaan insentif yaitu ternak-ternak bebek peking peliharaan selalu ditempatkan dikandang dan diberi makan secara terus menerus serta sudah memeperhatikan aspek-aspek teknis pemeliharan ternak secara ilmiah dan sudah menggunakan teknologi yang dianjurkan.

Cara budidaya bebek peking dengan sistem pemeliharan insentif lebih sesuai dan memberikan peluang keuntungan yang lebih besar.Dengan budidaya bebek peking insentif dalam masa pemeliharaan kurang dari 2 bulan berat badannya sudah bisa mencapai diatas 3 kg dengan kondisi makanan yang baik dan bebek sudah siap dijual sebagai bebek pedaging.

bebek peking,bisnis bebek peking,resep bebek peking

1.Lokasi kandang

Mengenai lokasi kandang yang perlu dperhatikan adalah letak lokasi jauh dari keramaian/pemukiman penduduk,mempunyai letak transportasi yang mudah dijangkau dari lokasi pemsaran dan kondisi lingkungan kandang mepunyai iklaim kondusif bagi produksi ataupun produktifitas ternak.Bebek serta kondisi lokasi tidak rawan penggusuran dalam beberapa periode produksi.

.Penyiapan sarana dan peralatan.

-Persiapan temperatur kandang +_ 39C

-Kelembaban kandang berkisar antara 60-65%

-Penerangan kandang diberikan untuk mempermudah pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang.

-Model kandang ada 3 jenis yaitu:

1.Kandang untuk anak bebek (DOD) pada masa starter biasa disebut juga kandang Box.Dengan ukuran 1meter persegi mampu menampung 50 ekor DOD

2.Kandang brower untuk bebek remaja disebut juga kandang REN/Kandang kelompok dengan ukuran 16-100 ekor perkelompok.

3.Kandang layar untuk ternak bebek masa bertelur.Modelnya bisa berupa kandang baterai ( satu atau dua ekor dalam satu kotak) bisa juga berupa kandang lokasi(kelompok) dengan ukuran setiap meter persegi 4-5 ekor bebek dewasa (masa bertelur atau untuk 30 ekor bebek dewasa dengan ukuran kandang 3 X 2 meter.

Sebelum memulai usaha peternakan bebek tentunya hal pertama yang harus diperlukan adalah pembuatan kandang ,karena kandang sangat menentukan keberlangsungan usaha peternakan bebek peking.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar