Selasa, 14 Agustus 2012

Teknik Menanam Buah Anggur

Teknik Menanam Buah AnggurBudidaya Petani. Menanam anggur memerlukan suatu pola tanam, cara penanaman bibit anggur dan hal-hal lain yang berhubungan. Berikut ini merupakan teknik menanam buah anggur , semoga bermanfaat.

Teknik Menanam Buah Anggur
 Pola Tanam Buah Anggur
  • Hal pengaturan jarak tanam buah anggur merupakan perihal yang penting diperhatikan sesuai dengan larikan karena arah datangnya angin sangat besar pengaruhnya. Pola jarak tanam yang direkomendasikan adalah (3M x 3M), (4M x 4M), (3M x 5M), (3M x 4M), (4M x 5M), (4M x 5M), (3M x 5 M) dan (4M x 6M) sehingga untuk lahan 1 hektar maka jarak tanam dengan pola 3M x 3M maka jumlah pohon yang bisa ditanam sekitar 1.111, untuk 4M x 4M maka jumlah pohon anggur sebanyak 625 pohon, dst. Berarti semakin dekat jarak pohon yang ditanam maka jumlah pohon yang ditanam smakin banyak jumlahnya.
Lubang Tanam 
  • Untuk lubang tanamnya berukuran 60 x 60 x 60 Cm yang disesuaikan dengan jarak tanam, isi lubang berupa campuran tanah, pasir dan pupuk kandang. Perbandingan masing-masing adalah 1:1:1 atau 1:1:2.
Cara Penanaman 
  • Cara penanaman bibit anggur yang baik yaitu saat musim kemarau (bulan Juni dan Juli) - lihat juga Daerah Atau Tempat Yang Cocok Untuk Menanam Buah Anggur. Setiap tanaman perlu lahan 20 m² termasuk para-paranya yang harus dipersiapkan sebelum tanamannya tumbuh. Para-para ini berguna untuk merayapkan batang dan cabangnya secara mendatar pada ketinggian 2 m. Selain para-para, buah anggur juga memerlukan ajir bambu untuk titian setelah bibit ditanam, agar dapat menjalar ke atas menuju para-para tersebut. [baca juga artikel kami yang lain yang berjudu Bibit Anggur dan  Budidaya Anggur]
Demikian Teknik Menanam Buah Anggur di blog Budidaya Petani ini.

Baca juga :
Bibit Anggur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar