Sabtu, 01 September 2012

Jenis Alpukat

Jenis Alpukat - Budidaya Petani. Ada beberapa "jenis alpukat" yang ada, dan pada kali ini akan disajikan tentang jenis alpukat tersebut. Langsung saja ke pokok bahasan.

Tanaman alpukat ada 3 tipe keturunan/ras, jika berdasarkan sifat ekologis, yaitu:.

A. Ras Meksiko
  • Jenis alpukat ini berasal dari dataran tinggi Meksiko dan Equador yang beriklim semi tropis dgn ketinggian antara 2.400-2.800 M dpl. Ras Meksiko tahan terhadap suhu dingin.Jenis ini mempunyai daun dan buahnya yang berbau adas. Waktu yang diperlukan dari bunga sampai buah bisa dipanen lebih kurang 6 bulan. Buahnya kecil yang beratnya sekitar 100-225 gr, bentuk jorong (oval), bertangkai pendek, kulitnya tipis dan licin. Biji besar memenuhi rongga buah. Daging buah mempunyai kandungan minyak/lemak yang paling tinggi.
B. Ras Guatemala
  • Jenis Alpukat ini berasal dari dataran tinggi Amerika Tengah dengan beriklim sub tropis yg cocok ditanam pada ketinggian sekitar 800-2.400 M dpl. Berbeda dengan ras Meksiko, ras ini kurang tahan terhadap suhu dingin (toleransi sampai -4,5 derajat C). Daunnya tidak berbau adas. Buah mempunyai ukuran yang cukup besar, beratnya sekitar 200-2.300 gr, kulit buah tebal, keras, mudah rusak dan kasar (berbintil-bintil). Daging buah mempunyai kandungan minyak yang sedang. Waktu yang diperlukan dari bunga sampai buah bisa dipanen lebih kurang 6 bulan 9-12 bulan. Bijinya relatif berukuran kecil dan menempel erat dalam rongga, dengan kulit biji yang melekat.
C. Ras Hindia Barat
  • Jenis Alpukat ini berasal dari dataran rendah Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang beriklim tropis, dengan ketinggian di bawah 800 M dpl. Ciri-cirinya adalah sangat peka terhadap suhu rendah, dengan toleransi sampai minus 2 derajat C, daunnya tidak berbau adas, warna daunnya lebih terang dibandingkan dengan kedua ras yang lain, berat buah sekitar 400-2.300 gram, tangkai pendek, kulit buah licin agak liat dan tebal. . Kandungan minyak dan daging buahnya paling rendah. Buah masak 6-9 bulan sesudah berbunga. Biji besar dan sering lepas di dalam rongga, keping biji kasar.
Varietas-varietas alpukat di Indonesia yaitu:

A. Varietas unggul

Disebut varietas unggul karena produksinya tinggi, toleran terhadap hama dan penyakit, buah seragam berbentuk oval dan berukuran sedang, daging buah berkualitas baik dan tidak berserat, berbiji kecil melekat pada rongga biji, serta kulit buahnya licin. Contoh varietas alpukat unggul, yaitu alpukat ijo panjang dan ijo bundar. Sifat-sifat kedua varietas tersebut antara lain:
  • Tinggi pohon: alpukat ijo panjang 5-8 m, alpukat ijo bundar 6-8 m.
  • Bentuk daun: alpukat ijo panjang bulat panjang dengan tepi rata, alpukat ijo bundar bulat panjang dengan tepi berombak.
  • Berbuah: alpukat ijo panjang terus-menerus, tergantung pada lokasi dan kesuburan lahan, alpukat ijo bundar terus-menerus, tergantung pada lokasi dan kesuburan lahan.
  • Panjang buah: alpukat ijo panjang 11,5-18 cm (rata-rata 14 cm), alpukat ijo bundar 9 cm.
  • Hasil: alpukat ijo panjang 40-80 kg /pohon/tahun (rata-rata 50 kg), alpukat ijo bundar 20-60 kg/pohon/tahun (rata-rata 30 kg).
  • Berat buah: alpukat ijo panjang 0,3-0,5 kg, alpukat ijo bundar 0,3-0,4 kg.
  • Bentuk buah: alpukat ijo panjang bentuk pear (pyriform), alpukat ijo bundar lonjong (oblong).
  • Rasa buah: alpukat ijo panjang enak, gurih, agak lunak, alpukat ijo bundar enak, gurih, agak kering.
  • Diameter buah: alpukat ijo panjang 6,5-10 cm (rata-rata 8 cm), alpukat ijo bundar 7,5 cm.
B. Varietas lain

Varietas alpukat kelompok ini merupakan plasma nutfah Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi, Tlekung, Malang. Beberapa varietas alpukat yang terdapat di kebun percobaan Tlekung, Malang adalah alpukat merah panjang, edranol, dickson, butler, winslowson, benik, puebla, furete, mexcola, duke, ryan, leucadia, collinson, waldin, ganter, queen dan merah bundar. [baca juga artikel yang lain yang berjudul Budidaya Alpukat, Hama dan Penyakit Tanaman Alpukat, Budidaya Pala dan Syarat Tumbuh Pala]


Demikian artikel tentang Jenis/Varietas Alpukat , semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar