Rabu, 05 Desember 2012

Cara mengelola keuangan peternakan bebek

Pengelolaan keuangan adalah hal yang sangat penting dalam suatu perusahaan, karena pengelolaan keuangan adalah penyebab utama peternak bebek tidak bisa mengembangkan usanya bahkan bisa jadi merugi jika pengelolaan keuanagnnya tidak baik. Berikut ini ada beberapa tip yang dapat dilakukan peternak bebek dalam mengelola pendapatannya.

1. Peternak bebek harus disiplin dalam mengelola keuangannya salah satunya dengan memisahkan keuangan usaha beternak dengan keuangan pribadi atau keluarga.

2. Harus di buat catatan yang rapi dan memadai mengenai segala transaksi yang dilakukan untuk beternak, baik pengeluaran investasi (kandang serta peralatan dan perlengkapan) mapun pengeluaran operasional sehari-hari (pakan, bibit, vitamin, obat-obtan, upah pekerja, biaya panen, dan biaya transportasi).

3. Kurangi pendapatan dengan seluruh biaya operasional dan biaya penyusutan investasi, sehingga diperoleh keuntungan yang dapat dinikmati peternak. Gunakanlah pendatan yang telah dikurangi tadi untuk biaya operasional pada periode berikutnya dan biaya investasi jika kandang atau peralatan mulai rusak. Jika peternak ingin meningkatkan skala usaha, keuntungan bersih tersebut bisa disishkan sebagian untuk penambahan modal.


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar