Jumat, 18 Januari 2013

Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina – Budidaya Petani. Sebenarnya penampilan dari Burung Anis Kembang jantan dan betina adalah sama. Ada beberapa tips/ cara yang bisa digunakan untuk memilih anis kembang jantan dan betina. Perbedaan hanya bisa dilihat apabila dilakukan perbandingan pada beberapa anis kembang. Jika hanya satu burung anis kembang saja, akan kesulitan utk menentukan jenis kelamin anis kembang, terutama untuk yang belum berpengalaman.

Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina
Tips Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina dilihat ciri secara umum yang sering digunakan adalah pada bentuk dan struktur mata dan kelopaknya, kontras pada bulu, cara berdiri dan cara ngeriwiknya.
Untuk Anis Kembang jantan, secara umum bermata menonjol. Yang jantan, datar. Jika warna bulu lebih tegas kontrasnya, lebih mengkilap, diyakini sebagai jantan. Pantat anis kembang jantan, juga terlihat ada bulu hitam atau abu-abu yang berlekuk-lekuk menyerupai pola gambar awan.
Untuk anis kembang betina, warna bulu pantat hanya sewarna, yakni putih dan bisa terang, bisa keruh. Namun membedakan warna bulu semacam ini tidak bisa diterapkan untuk memilih anis kembang yang masih trotolan. Untuk anis kembang trotolan, maka jika ngeriwiknya dengan membuka paruh, diyakini sebagai jantan. Jika hanya menggelembung-gelembungkan leher, meski terdengar keras, diyakini sebagai betina.
Anis kembang jantan kalau dilihat dari cara atau gaya berdirinya cenderung merapatkan kaki dan betina sedikit merenggang dan agak menunduk. Bagi burung anis kembang jantan yang sudah birahi, bila didekatkan dengan burung anis kembang betina akan menanduk2, dengan gaya body menyenduk2. Sedangkan betina yang sudah birahi, jika didekatkan atau mendengar jantan berkicau, akan menggetar-getarkan atau membuka-tutup sayap terus-menerus.

Demikian Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina, semoga bermanfaat.
http://budidaya-petani.blogspot.com/2013/01/cara-membedakan-anis-kembang-jantan-dan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar